RPP 2013 BAHASA INDONESIA SMA KELAS X/ GASAL


RPP 2013 BAHASA INDONESIA KELAS X BY ASIH PRASETYOWATI

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

            Sekolah                         :    SMA Muhammadiyah 1 Prambanan

            Mata Pelajaran              :    Bahasa Indonesia

            Kelas / Semester           :    X / 1

            Materi Pokok                :    Teks dalam Kehidupan Nyata

            Alokasi Waktu              :    4 x 45 (2 X pertemuan)    

  1. A.    Kompetensi Inti
    1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
      1. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,  peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
      2. Memahami,menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi  pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan meta kognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,

teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,

kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan

kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

  1. Mengolah, menalar,  menyaji dan mencipta  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri  bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
  2. B.     Kompetensi Dasar  dan Indikator

1.1  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan

 menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk

       mempersatukan  bangsa.

1.2   Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi

2.2   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam   

        menggunakan bahasa  Indonesia untuk menceritakan hasil observasi

 

3.1    Memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan

         Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :

1)         Menjelaskan struktur dan kaidah Laporan hasil observasi

2)         Menjelaskan ciri bahasa laporan hasil observasi

 

4.1    Menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun

          tulisan

   1) .  menjelaskan makna kata/ istilah yag terdapat dalam teks laporan hasil                                  

2)   menjelaskan  kembali isi teks laporan hasil observasi)

 

 

 

 

  1. C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
    1. 1.    Setelah membaca contoh teks laporan hasil observasi, peserta didik mampu menjelaskan struktur dan kaidah laporan hasil observasi
    2. Setelah membaca teks laporan hasil observasi, peserta didik dapat menjawab pertanyaan tentang ciri bahasa laporan hasil observasi
    3. Setelah membaca teks laporan hasil observasi peserta didik dapat menjelaskan makna kata /istilah laporan hasil observasi
    4. Setelah membaca laporan hasil observasi peserta didik dapat menjelaskan isi teks laporan hasil observasi
    5.  
  2. D.    Materi Pembelajaran
    1. 1.      Fakta

Teks Laporan Hasil Observasi

  1. 2.      Konsep

Pengertian laporan hasil observasi

  1. 3.      Prinsip

Struktur  laporan hasil observasi

  1. 4.      Prosedur

Langkah langkah membuat laporan hasil observasi

 

  1. E.     Metode pembelajaran

Pendekatan                      : Saintifik

Metode                              : Diskusi, Ceramah, Inquiri, Tanya Jawab, Penugasan

 

  1. F.     Kegiatan Pembelajaran

 

Pertemuan ke-1

KEGIATAN

DESKRIPSI KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

Pendahuluan

  1. Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
  2. Siswa dan guru bertanya jawab tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  3. Siswa memerhatikan penjelasan tentang tujuan, langkah, dan  manfaat pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  4. Siswa memerhatikan penjelasan cakupan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan.

 

10 menit

 

Inti

 

MENGAMATI

  1. membaca teks tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi)
  2. mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur

dan kaidah teks laporan hasil observasi  

MENANYA

  • bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

MENGEKSPLOR

  • Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi

MENGASOSIASIKAN

  1. mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
  2. menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi

MENGOMUNIKASIKAN

  • menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
  • membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,siswa lain
  • memberikan tanggapan menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan

 

10 menit

 

 

 

 

10 menit

 

15 menit

 

 

20 menit

 

 

 

10 menit

 

 

Penutup

  1. Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
  2. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
  3. Siswa melaksanakan evaluasi.
  4. Siswa dan guru melakukan umpan balik.
  5. Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.

15 menit

 

Pertemuan ke-2

KEGIATAN

DESKRIPSI KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

Pendahuluan

  1. Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
  2. Siswa dan guru bertanya jawab tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  3. Siswa menyimak penjelasan tentang tujuan, langkah, dan  manfaat pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  4. Siswa menyimak penjelasan cakupan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan

10 menit

Inti

MENGAMATI

  1. Siswa mengamati dan membaca teks laporan yang berjudul “Binatang Langka Di Indonesia” dengan teliti dan bertanggung jawab.
  2. Siswa memperhatikan pembagian struktur teks Laporan yang terdiri atas Klasifikasi Binatang Langka dan aspek yang dilaporkan dengan teliti dan bertanggung jawab.

MENANYA

  1. Siswa berdiskusi tentang klasifikasi binatang langka dan aspek yamg dilaporkan dengan saling menghargai pendapat teman dan bahasa yang santun.

MENGEKSPLOR

  1. Siswa menyimpulkan jumlah binatang langka di indonesia dengan jujur dan bertanggung jawab.
  2. Siswa menata ulang teks yang belum runtut sehingga menjadi teks yang tertata secara urut dengan  dan bertanggung jawab.
  3. 6.      MENGASOSIASIKAN

Siswa secara individual menulis ulang teks laporan tentang Binatang Langka Di Indonesia yang koheren sesuai dengan karakteristik teks dengan bahasa yang baik dan benar

MENGOMUNIKASIKAN

7.  Siswa menampilkan hasil kerja berupa teks laporan yang koheren sesuai dengan karakteristik teks di majalah dinding kelas dengan jujur dan bertanggung jawab.

10 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

10 menit

 

 

 

 

15 menit

 

 

 

20 menit

 

 

 

 

 

10 menit

Penutup

  1. Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
  2. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
  3. Siswa melaksanakan evaluasi.
  4. Siswa dan guru melakukan umpan balik.
  5. Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.

15 menit

 

 

  1. G.   Sumber dan Media Pembelajaran
    1. Sumber          : Kemdikbud, 2013. Bahasa Indonesia : Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X. Jakarta : Kemdikbud.
    2. Media             : Surat Kabar, Majalah, dan Internet

 

 

 

  1. H.   Penilaian Proses dan Hasil Belajar
    1. Jenis               : Perbuatan dan tulis
    2. Bentuk            : Produk
    3. Instrumen      :

 

 

 

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Penilaian

Instrumen Penilaian

Menentukan struktur dan kaidah teks  laporan hasil observasi

Tes tertulis

Isian

Tentukan struktur dan kaidah teks  laporan hasil observasi

Menjelaskan pengertiam  laporan hasil observasi

Tes tertulis

Isian

Jelaskan pengertian laporan hasil observasi

Memproduksi teks  laporan hasil observasi  yang koheren sesuai karakteristik teks

Tes tertulis

Isian

Buatlah teks laporan hasil observasi   yang koheren sesuai dengan karakteristik teks!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran Materi

  1. Pengertian Laporan hasil observasi

Laporan hasil observasi  adalah merupakan salah satu alat untuk menyampaikan informasi baik formal maupun nonformal

  1. Struktur Laporan hasil observasi

Struktur Laporan hasil observasi

1)      Pendahuluan.

  • Latar belakang
  • Rumusan masalah
  • Tujuan penulisan
  • Metode
  • Manfaat
  • Sistematika
  • Penutup

2)      Isi

3)      Penutup

  1.             Cara/langkah-langkah memproduksi teks laporan hasil observasi  yang koheren sesuai dengan karakteristik teks.
  • Menentukan tema
  • Menentukan tujuan
  • Mengumpulkan bahan
  • Membuat kerangka sesuai dengan struktur laporan hasil observasi
  • Mengembangkan kerangka menjadi teks laporan hasil observasi  yang koheren sesuai dengan karakteristik teks.

 

 

 

 

 

Cara Kerja : Siswa menbaca teks Laporan laporan hasil observasi  yang telah disediakan dan menjawab pertanyaan di bawahnya.

Soal  Teks 1 : Judul “ Binatang Langka di Indonesia”

1. Jelaskan pengertian laporan hasil observasi !

2. Jelaskan struktur teks laporan hasil observasi  

3. Jelaskan struktur yang terdapat pada teks laporan di atas!

4. Bagaimana langkah-langkah membuat teks laporan hasil observasi  yang

     koheren sesuai karaktersitik teks yang baik dan benar!

  1. Jelaskan tujuan teks laporan hasil observasi  yang kalian baca!
  2. Buatlah Ringkasan dari laporan yang kalian baca

Kunci Jawaban Teks 1

  1. Pengertian Laporan hasil observasi

Laporan hasil observasi  adalah karangan yang bertujuan menjelaskan atau menginformasikan sesuatu kepada pembaca

  1. Struktur Laporan hasil observasi
  1. Pendahuluan. Latar belakang, Rumusan masalah, Tujuan penulisan, Metode

1)      Manfaat , Sistematika, Penutup

  1. Isi
  2. Penutup
  1. Pernyataan umum/ klasifikasi

Aspek yang dilaporkan

Aspek yang dilaporkan ( secara khusus)

  1. Ringkasan teks

Pedoman Penskoran Soal Tertulis

No. Soal

Aspek

Skor

1.

Siswa menjawab pertanyaan benar

20

 

Siswa menjawab pertanyaan salah

10

2

Siswa menjawab Pertanyaan benar

30

 

Siswa mwnjawab pertanyaan salah

15

3

Siswa menjawab pertanyyan benar

10

 

Siswa menjawab pertanyaan salah

5

4

Siswa menjawab pertanyyan benar

35

 

Siswa menjawab pertanyaan salah

20

 

 

 

 

SKOR MAKSIMAL

100

 

Tugas kelompok

Cara Kerja : Siswa secara berkelompok mendiskusikan dan mengidentifikasi struktur teks laporan hasil observasi  yang disediakan

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENGAMATAN SIKAP

 

Mata Pelajaran            :…………………………………………………..

Kelas/Semester            :…………………………………………………..

Tahun Pelajaran           :…………………………………………………..

Waktu Pengamatan     : ………………………………………………….

 

 

Indikator perkembangan karakter kreatif, komunikatif, dan kerja keras

  1. BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas
  2. MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
  3. MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas yang  cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
  4. MK (membudaya) jika menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten

Bubuhkan check list  (√)  pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

No.

Nama Siswa

Kreatif

Komunikatif

Kerja keras

Santun

BT

MT

MB

MK

BT

MT

MB

MK

BT

MT

MB

MK

BT

MT

MB

MK

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROFIL PENILAIAN KEGIATAN SISWA DALAM PELAJARAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI  

Nama : … … … … … … … … … … … … … …

Judul : … … … … … … … … … … … … … …                          Tanggal: … … … … … … … … … … … … … …

 

Skor                                       Kriteria                                         Komentar

27—30        Sangat baik—sempurna: menguasai topik tulisan;

22—26        Cukup—baik:  cukup  menguasai  permasalahan; cukup  memadai;  pengembangan  tesis  terbatas; relevan dengan topik, tetapi kurang terperinci

 

17—21        Sedang—cukup:

penguasaan        permasalahan

 

terbatas; substansi kurang; pengembangan topik tidak memadai

13—16        Sangat      kurang—kurang:          tidak     menguasai permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai

 

18—20        Sangat       baik—sempurna:          ekspresi     lancar;

 

gagasan  terungkap

padat,  dengan  jelas;  tertata

 

dengan  baik;  urutan  logis  (kohesif)

 

 

14—17        Cukup—baik: kurang lancar; kurang terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap

 

10—13        Sedang—cukup: tidak lancar; gagasan kacau atau tidak  terkait;  urutan  dan  pengembangan  kurang logis

 

7—9         Sangat kurang—kurang: tidak komunikatif; tidak terorganisasi; tidak layak dinilai

 

 

KOSAKATA

18—20

Sangat      baik—sempurna:        penguasaan     kata canggih;   pilihan   kata   dan   ungkapan   efektif; menguasai     pembentukan      kata;    penggunaan register tepat

 

14—17

Cukup—baik: penguasaan kata memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ungkapan kadang- kadang salah, tetapi tidak mengganggu

10—13

Sedang—cukup: penguasaan kata terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan, dan penggunaan kosakata/ungkapan; makna membingungkan atau tidak jelas

   7—9

Sangat  kurang—kurang:  pengetahuan  tentang kosakata,   ungkapan,   dan   pembentukan   kata rendah; tidak layak nilai

KALIMAT

18—20

Sangat  baik—sempurna:   konstruksi   kompleks dan   efektif;   terdapat   hanya   sedikit   kesalahan penggunaan  bahasa  (urutan/fungsi  kata,  artikel, pronomina, preposisi)

 

14—17

Cukup—baik: konstruksi sederhana, tetapi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks; terjadi  sejumlah  kesalahan  penggunaan  bahasa (fungsi/urutan kata, artikel, pronomina, preposisi), tetapi makna cukup jelas

10—13

Sedang—cukup:  terjadi  kesalahan  serius  dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan pada kalimat negasi, urutan/fungsi kata, artikel,  pronomina,  kalimat  fragmen,  pelesapan; makna membingungkan atau kabur

  7—9

Sangat      kurang—kurang:          tidak     menguasai tata  kalimat;  terdapat  banyak  kesalahan;  tidak komunikatif; tidak layak dinilai

 

MEKANIK

     9—10

Sangat    baik—sempurna:          menguasai     aturan penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca,  penggunaan  huruf  kapital,  dan  penataan paragraph

 

      7—8

Cukup—baik:  kadang-kadang  terjadi  kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan   paragraf,   tetapi   tidak   mengaburkan makna

     4—6

Sedang—cukup:  sering  terjadi  kesalahan  ejaan, tanda   baca,   penggunaan   huruf   kapital,   dan penataan   paragraf;   tulisan   tangan   tidak   jelas; makna membingungkan atau kabur

     1—3

Sangat kurang—kurang: tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan ejaan, tanda baca,  penggunaan  huruf  kapital,  dan  penataan paragraf; tulisan tidak terbaca; tidak layak dinilai

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KOMENTAR

……………………………………………………………………….

……………………………………………………………………….

……………………………………………………………………….

……………………………………………………………………….

……………………………………………………………………….

……………………………………………………………………….

……………………………………………………………………….

……………………………………………………………………….

 

 

JUMLAH :

NILAI      :

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                     Prambanan 30  November 2013

Kepala SMA MUH 1 PRAMBANAN                                       Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 HM DJAUZAN AS ARJADI,S.H.CN                                                          Dra. ASIH PRASETYOWATI                    

NBM. 499867                                                                                         NIP 19640615 199003 2 007            

 

 

 

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s